Minggu, 03 April 2011

Manusia dan Penderitaan (Ilmu Budaya Dasar)


Mungkin ini kejadian yang bener2 berarti dalam hidup,gw banyak belajar dari gadis kecil ini walapun Cuma sebentar,walaupun Cuma menatap sekilas..tapi saya banyak belajar dari gadis kecil ini.
Kejadiannya seperti ini:
Malam sabtu skitar jam 20.00 Wib, saya ingin membelikan mama saya roti sobek sari roti di alfa midi di dekat rumah saya,karna mama saya kalo malem suka terbangun dan ngemil....maklum mama saya sedang sakit,jadi kalo waktunya makan, belum tentu mau makan, jadi saya berinisiatif untuk membelikan mama saya cemilan bukan cepuluh ya...=), jadi kapan saja mama saya merasa lapar dya bisa makan.
Karna sudah malam, saya aga malas untuk mengeluarkan motor yang sudah masuk garasi..jadi saya memutuskan untuk jalan kaki ke alfamidi dekat rumah saya.malam itu cuaca lumayan dingin karna habis mahgrib sudah hujan,lalu hujan baru berhenti skitar habis isya.
Saya berjalan dengan di selimuti angin yang bertiup sepoi sepoi hingga menusuk tulang saya, sesampainya di alfamidi saya melihat dari luar kedalam dengan kaca yang tembus pandang tokonya lumayan sepi...lalu saya melangkah pelan memasuki parkiran perlahan-lahan ada sesosok anak kecil dengan memakai sendal jepit dan kakiknya bgitu kurus sambil menjajakan makanan yaitu rempeyek.
Dya menawarkan setiap orang yang ingin masuk / keluar dari pintu. Setiap orang yang ingin masuk / keluar selalu di tawarkan..dengan suaranya yang sangat kecil dan bgitu memelas...setiap saya mendengar suaranya saya bgitu terenyuh,angan2 saya langsung terbang mengingatkan saya pada adik2 saya yang umurnya tidak jauh beda dengan adik saya.saya jadi berfikir, betapa beruntungnya adik2 saya, anak sekecil itu..malam2 masih bekerja menawarkan makanan yang di bawanya
“paak...rempeyeknya pa...di beli pa”
            ‘’ pa...di beli pa...”
“buu...rempeyeknya bu...ada yg pake kacang / ikan teri bu’
Lalu saya masuk ke toko tesebut...sambil melewati dya,setelah lewat...saya jadi terenyuh,hati saya tiba2 mendadak sedih, alangkah beruntungnya saya dan adik2 saya masih mempuyai kehidupan yang layak.
Secepat kilat saya langsung berfikir..kalo nanti selesai belanja saya ingin memberikan dya uang dan makanan yang saya beli. Saya berusaha menggambil langkah seribu tempat roti2 d taro, dan saya mengambil roti+susu untuk mama saya.lalu saya tidak lupa membelikan dya 2 botol susu untuk bisa langsung di minum.saya langsung mencari kasir yang kosong..bgitu kasir sedang menghitung barang belanjaan saya sedikit saya melihat ke arah luar dengan kaca yang tembuh pandang apakah anak itu masih ada atau tidak.
Setelah barang belanjaan di hitung Rp.58.450 mas. Saya langsung mengeluarkan uang Rp.100.000.tanpa menghitung lagi saya langsung mengantongi uang kembalian yang di berikan oleh kasir tersebut, hati saya mendadak dag dig dug...ingin segear bertemu untuk  memberikan susu yang sudah saya beli untuk anak kecil itu, sambil berharap anak kecil itu masih ada di luar.
Setelah saya buka pintu keluar ternyata tidak ada, mata saya langsung mengearah ke sekitar tempat parkir motor...ternyata benar anak itu sedang menawarkan makanannya kepada ibu2 yang sedang menggendong anak.saya berusaha untu menghapiri anak itu..dan ternyata anak itu pun menghampiri saya sambil menawarkan  makannannya.
“”Ooom mau beli peyek om...?saya belum ada yang laku”
Mendengar suara anak kecil itu sayang langsung bilang :
“””emang harganya brapa de?””
            “” satu plastikna Rp.5000 om””
Tanpa berfikir panjang saya langsung mengeluarkan uang kembalian belanja tadi skitar Rp.30000. saya langsung berikan uangnya ke dia.anak itu langsung membukus peyek tadi enak buah, saya langsung bilang
“”jangan dek...ga usah..saya ikhlas””
            “”termangu....””
“”nih de...om kasih susu jga, di minum ya””
Anak itu langsung mengambil susu yang saya berikan,setelah itu saya  langsung meninggalkan tempat itu sambil berdoa ya allah engkau melindungi anak itu...Amien
Saya pulang dengan perasaaan bahagia....Mungkin pelajaran yang bisa kita ambil ialah,kita harus lebih banyak bersyukur dengan apa yang telah kita dapatkan sekarang ini.banyak sekali anak yang kuranng beruntung dari kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar